Kamis, 15 Juli 2010

Sari Sanjaya: Seperti Pulang ke Palembang





Taukah Anda kalau Palembang ternyata kaya akan kuliner khas yang lezat? Tidak hanya pempek, kota terbesar kedua di Sumatra setelah Medan ini punya segudang makanan authentic yang sedap. Apalagi untuk penggemar makanan pedas, menu-menu khas Palembang adalah santapan yang akan menggoyang lidah Anda.


Salah satu yang wajib dicoba adalah pindang ikan patin. Kuah yang diberi potongan tomat, nanas, cabai rawit, daun kemangi, dan potongan timun membuat ikan bertekstur lembut ini menjadi hidangan istimewa. Anda akan menikmati perpaduan rasa pedas, manis, dan asam yang halus menyentuh seluruh ruang mulut. Hasilnya adalah sensasi segar yang akan membuat Foodlovers ketagihan.



Penasaran? Tidak perlu ke Palembang untuk mencicipi makanan yang satu ini. Foodlovers bisa menikmati seporsi pindang ikan patin yang ciamik di Bandung, tepatnya di Rumah Makan Sari Sanjaya. Lokasi yang strategis di kawasan jalan Burangrang tentunya tidak akan membuat Anda kesulitan untuk menjangkau rumah makan bernuansa hijau ini.
“Rumah makan kami menyajikan menu-menu khas Palembang terlengkap di Bandung,” ujar Effie, sang pengelola.
Berpusat di kawasan Kelapa Gading Permai, Jakarta, Sari Sanjaya menyediakan mulai dari kerupuk, aneka kue, main course, hingga minuman khas. Supaya ambience lebih terasa, mari kita bersantap dengan cara ala orang Palembang.
Sebagai pembuka, nikmatilah srikaya yang bercita rasa gurih dan manis ini sebagai pembuka. Biarkan hidangan yang mirip puding ini meleleh lembut di dalam mulut Anda. Ingin menikmati kue-kue lain? Maksuba, aneka talam, ketan duren, choi pan, kojo, kue 8 jam, kumbu, dan lumpang juga tersedia di rumah makan yang buka dari pukul 10.00 hingga 22.00 ini.
Setelah menikmati kue-kue, acara santap kita lanjutkan dengan menyantap seporsi otak-otak bakar. Jangan lupa sambal kacang dan tauco sebagai cocolannya. Rasa ikan tenggiri yang dominan akan membuat Foodlovers tidak sabar untuk menghabiskannya.


Bukan orang Palembang namanya jika tidak menyertakan pempek dalam acara bersantap. Di rumah makan yang buka sejak 17 Agustus 2009 ini, Anda dapat menikmati beraneka macam pempek, baik yang dipanggang (tunu) atau digoreng. Jenisnya, ada pempek telor, pistel, tahu, adaan, lenjer, dan kulit. Dengan kuah cuka bercitarasa asli Palembang, lenggang bakar atau goreng pun bisa didapat di sini. Oya, ada model gandum juga lho.






“Sejarahnya Sari Sanjaya berawal dari Pempek Apy yang berdiri sejak 1970 dan memang sudah terkenal di Plaju, Palembang. Jadi, rasa pempeknya enggak diragukan lagi,” ucapnya.








Lanjut ke makanan inti, selain pindang ikan patin, pindang tulang iga ala Sari Sanjaya adalah salah satu menu yang akan membuat Anda meneteskan air liur. Potongan iga sapi empuk berpadu dengan kuah kental pindang yang segar dan spicy. Santap dengan sepiring nasi hangat dan kerupuk ikan Palembang, hmm... lemak nian!










Foodlovers belum puas? Cicipi tekwan dan mie celor yang tak kalah sedapnya. Ada juga pindang ikan belida yang hanya ada di cabang Bandung. Oya, spesial untuk Sabtu dan Minggu, Sari Sanjaya menyiapkan menu-menu khusus, seperti burgo, lakso, laksan, dan celimpungan yang rasanya sayang untuk Anda lewatkan. Tutup acara santap dengan semangkuk es kacang merah manis nan empuk atau es mangga yang menyegarkan.*** (soraya)


Alamat:
Jl. Burangrang No. 24 Bandung
Telp. (022) 7317921

1 komentar:

  1. Msh ada gak sih restonya di bandung? Puter2 nyari gak ketemu

    BalasHapus